-->

Dibaptis Dengan Roh Kudus

baptisan percik
Kali ini kita akan belajar tentang Baptisan Roh Kudus. Baptisan Roh Kudus adalah Second Blessing setelah keselamatan yang kita terima. Kata “Baptisan” (baptizo) artinya: "benda padat yang ditenggelamkan dan diangkat kembali."

Mari kita percaya pada apa yang dikatakan Alkitab tentang Baptisan Roh Kudus. Keempat Injil dan Kisah Para Rasul mencatat dan membuktikan adanya Baptisan Roh Kudus:
  • ✝️ "Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api" (Matius 3:11).
  • ✝️ Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus (Markus 1:8).
  • ✝️ Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: “Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api (Lukas 3:16).
  • ✝️ Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus (Yohanes 1:33).
  • ✝️ Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi (Kisah Para Rasul 1:8).

Dari ayat-ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada 3 jenis Baptisan di dalam Alkitab, yaitu:
1. Baptisan Air (dilakukan oleh manusia)
2. Baptisan Roh Kudus (dilakukan oleh Tuhan)
3. Baptisan Api (dilakukan oleh Tuhan)

Saat ini Yesus berada di sorga dan Roh Kudus berada di dunia. Ketika Yesus masih berada di dunia, maka pelayanan-Nya terbatas oleh ruang dan waktu, Ia tidak bisa menjadi Maha Hadir. Ketika Yesus naik ke sorga maka Roh Kudus diberikan kepada kita. Sekarang Tuhan Yesus bisa memberikan Baptisan Roh Kudus kepada kita di manapun, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Tujuan Baptisan Roh Kudus

Tujuan Baptisan Roh Kudus diberikan kepada orang percaya adalah supaya mereka menerima kuasa dan otoritas untuk menjadi saksi Kristus. Sebelum naik ke sorga, Yesus berpesan kepada lebih dari 500 murid-Nya supaya mereka tinggal di Yerusalem sampai mereka diperlengkapi kuasa dari tempat tinggi (Roh Kudus), baru kemudian pergi menjadi saksi Kristus ke seluruh penjuru bumi.

Pada saat seseorang bertobat dan percaya pada Yesus, maka ia sudah menerima Roh Kudus dalam hatinya. Tapi bila ia belum menerima Baptisan Roh Kudus, maka ia belum memiliki kuasa dan otoritas untuk menjadi saksi Kristus. Orang Kristen yang telah dibaptis dan dipenuhi Roh Kudus, ia punya otoritas sehingga: apa yang diikatnya di dunia ini akan terikat di sorga, dan apa yang dilepaskannya di dunia ini akan terlepas di sorga. Seseorang yang telah dibaptis Roh Kudus, ia memiliki kuasa untuk menyembuhkan orang sakit, mengusir setan, dan memberitakan Injil.

Saat menerima Baptisan Roh Kudus, maka kita menerima Karunia Roh dan Buah Roh. Karunia-karunia Roh berguna untuk memperlengkapi dan membangun jemaat. Sedangkan Buah Roh adalah karakter Kristus yang semakin bertumbuh di dalam kita saat kita bergaul dengan Roh Kudus. 
Baptisan Roh Kudus adalah awal seseorang hidup dan berjalan di dalam roh. Baptisan Roh Kudus bukan bukti kedewasaan rohani seseorang, sebab seorang petobat baru (bayi rohani) bisa menerimanya. 

  • ✝️ Seseorang bisa menerima Baptisan Roh Kudus lebih dulu sebelum ia  menerima Baptisan Air. Dalam Kisah Para Rasul 10:44-48, ketika Petrus sedang berkhotbah tiba-tiba Roh Kudus turun atas jemaat yang sedang mendengarkannya, baru setelah itu mereka dibaptis dengan air.
  • ✝️ Baptisan Roh Kudus juga bisa diterima setelah seseorang dibaptis air. Dalam Kisah Para Rasul 8:14-17, orang-orang Samaria telah menerima Injil dan dibaptis dalam nama Yesus, tapi mereka baru menerima Baptisan Roh Kudus setelah Petrus dan Yohanes menumpangkan tangan pada mereka.

BAGAIMANA CARANYA KITA BISA MENERIMA ROH KUDUS?

  • Dengan sungguh-sungguh memintanya dan percaya bahwa Bapa di sorga pasti memberikan Roh Kudus (Lukas 11:13).
  • Datang kepada Yesus dengan rasa haus dan minum dari-Nya (Yohanes 7:37).

Hidup kita harus selalu dipenuhi dan dipimpin Roh Kudus. Ingat bahwa dunia tidak akan semakin baik, sebab dunia sudah diserahkan kepada Iblis sejak kejatuhan manusia di Taman Eden. Tapi ada kemenangan yang bisa mengalahkan dunia, yaitu iman kita. Jadi berdoalah bukan supaya dunia menjadi lebih baik, tapi supaya kita bisa berjalan bersama Roh Kudus dengan lebih dahsyat. Haleluyah!

TUHAN YESUS MEMBERKATI!
RELATED TOPIC

RECOMENDATION FOR YOU

DO NOT MISS THIS

Post a Comment

banner