-->

Lukas 19:1- 0: Dibenci Malah Jadi Berkat

kisah zakheus

Kisah Zakheus Pemungut Cukai (Lukas 19 : 1 - 10)

             Siapapun manusia yang pernah hidup di dunia ini pasti tidak menyukai pekerjaan sebagai tukang pajak dan rentenir. Karena kedua jenis pekerjaan ini dianggap penuh dengan trik jahat. Dan tidak pernah orang lain merasa diuntungkan oleh tukang pajak dan rentenir.  Oleh sebab itu banyak bos besar, bos menengah, bos kecil sekalipun selalu menghindar dari tukang pajak. Pada hal membayar pajak merupakan suatu kewajiban semua warga negara Indonesia.

               Demikian pula yang terjadi pada zaman kehidupan Tuhan Yesus di dunia. Seorang tukang pajak hidupnya selalu di benci masyarakat, tokoh agama karena dianggap antek dari Pemerintah Romawi.  Peristiwa ini tertulis dalam Lukas 19 : 1 - 10.

         Bagaimanapun juga Zakheus sang pemungut cukai merasakan ketidak nyamanan hidup meskipun hartanya berkelimpahan. Masyarakat dan tokoh agama yang membenci hidupnya menjadi beban mental tersendiri.

               Namun perjumpaannya dengan pribadi Tuhan Yesus telah mengubah segala - galanya. Termasuk masa depan dan perjalanan hidupnya. Zakheus sebagai pemungut cukai tidak menyangka dan hampir tidak percaya bahwa Tuhan Yesus mengasihi dirinya dan ingin menyelamatkan jiwanya yang berdosa beserta seluruh keluarganya. Hal ini menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat dan tokoh agama Yahudi. Mengapa Tuhan Yesus begitu peduli terhadap kehidupan Zakheus. Ada maksud apa dibalik semuanya (ayat 5 - 7).

          Perjumpaan Zakheus dengan Tuhan Yesus telah mengubah hidupnya. Dari seorang yang dulunya di benci, tukang peras uang pajak. Sekarang menjadi orang yang mau berbagi rejeki kepada orang lain. Seorang yang tidak lagi tamak akan harta. Keselamatan hidup kekal di Surga jauh lebih berharga daripada semua harta kekayaan dan pekerjaan yg dahulu dicintainya (ayat 8). Kepada Zakheus Tuhan Yesus memberikan kehidupan yang lebih berarti dari pada kehidupan yang selama ini dia jalani di dunia ini (ayat 9). Orang dibenci belum tentu bernasib sial dan buruk. 

keyword: kisah zakheus, kisah zakheus dan yesus, kisah hidup zakheus, zakheus pemungut cukai, zakheus bertobat dalam injil, kisah zakheus dalam alkitab


RELATED TOPIC

RECOMENDATION FOR YOU

DO NOT MISS THIS

Post a Comment

banner