-->

Matius 4:1-11: Yesus Dicobai Iblis di Padang Gurun

Yesus Dicobai di Padang Gurun
YESUS DICOBAI IBLIS (Matius 4:1-11)
Pencobaan di padang gurun adalah salah satu bagian yang dipakai oleh orang-orang untuk menolak bahwa Yesus adalah Tuhan, mereka berkata: kalau Yesus adalah Tuhan kenapa Dia bisa dicobai oleh iblis? Sebenarnya ini hanya alasan saja, karena pada dasarnya memang mereka tidak mau percaya kepada Yesus!

Perlu saudara ketahui bahwa Yesus 100% Tuhan dan 100% manusia. Dia dicobai dalam keberadaan-Nya sebagai manusia, tetapi Dia tidak jatuh dalam pencobaan (berbuat dosa) karena Dia 100% adalah Tuhan!

Pencobaan di padang gurun merupakan bukti kepada kita bahwa iblis tidak dapat mengalahkan Yesus. Juga merupakan teladan yang Yesus berikan kepada kita bagaimana menang atas pencobaan!

Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. (Ayat 1). Ayat ini menegaskan kepada kita bahwa yang membawa Yesus ke padang gurun adalah Roh Kudus, bukan iblis! --dibawa oleh Roh artinya Roh Kudus yang ada dalam diri Yesus memimpin Yesus ke padang gurun.

Di padang gurun Yesus melakukan puasa 40 hari 40 malam. Setelah puasa inilah iblis melakukan pencobaannya karena iblis berpikir Yesus pasti capek, lelah, letih, seperti yang alami manusia pada umumnya. Dicobai artinya iblis mencoba membuat Yesus tidak taat kepada Allah, seperti Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa karena tidak taat kepada Allah.

Ada 3 kelompok pencobaan yang iblis berikan:
1. Kebutuhan dan keinginan fisik.
2. Harta benda dan kekuasaan.
3. Kesombongan.

Itu semua adalah titik-titik kelemahan manusia. Tetapi Tuhan Yesus tidak jatuh dalam pencobaan karena Ia tidak dapat berbuat dosa. Ia tidak menyombongkan kekuasaan/keilahian yang IA miliki dengan menantang semua tantangan yang iblis tawarkan; tetapi Yesus menggunakan Firman. 

isinilah letak kekalahan iblis, karena Firman adalah Yesus itu sendiri. Ketika Yesus berkata: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Ayat 10) disitulah iblis langsung mengakhiri pencobaannya, undur diri, dan meninggalkan Yesus karena Yesus adalah Tuhan itu sendiri dan menghardik iblis! --hanya oleh nama Yesus iblis dapat diusir!

Dalam segala cobaan/ujian, yang harus kita lakukan adalah memperkatakan Firman Tuhan (itu pentingnya kita harus mengetahui Firman). Karena ketika kita memperkatakan Firman Tuhan sama artinya kita sedang mengaktifkan kuasa Yesus bekerja dalam diri kita untuk mengalahkan dan menghancurkan cobaan-cobaan atau ujian-ujian tersebut. iblis tidak dapat bertahan!

Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus. (Ayat 11). Pelayanan yang malaikat berikan kepada Yesus membuktikan kepada kita bahwa Yesus adalah Tuhan, karena Ia menciptakan malaikat-malaikat untuk melayani Dia! TUHAN YESUS MEMBERKATI!
RELATED TOPIC

RECOMENDATION FOR YOU

DO NOT MISS THIS

Post a Comment

banner