-->

Apakah "Allah" sama dengan "Tuhan" ??

yesus adalah tuhan

Nah, ini perlu saya jelaskan, karena ada orang Kristen tidak mau menyebut nama Allah karena dikira itu adalah kepunyaan agama lain.

Saya tegaskan bahwa "Allah" yang ada dalam Alkitab tidak sama dengan allah yang ada di kitab agama lain! Karena penulisan "Allah" dalam Alkitab menunjuk kepada satu pribadi yaitu Yesus Kristus, ditulis dalam huruf besar (Allah atau ALLAH). Sedangkan Allah yang tidak menunjuk kepada pribadi Yesus Kristus ditulis dalam huruf kecil (allah). Seperti firman Tuhan berkata: "Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku." (Keluaran 20:3).

PEMBAHASAN: Allah sama dengan Tuhan

"Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah." (Yohanes 1:1).
  • Ungkapan "pada mulanya adalah Firman" sama dengan ungkapan dalam penciptaan "Berfirmanlah Allah". Karena Firman adalah ungkapan lain dari Allah, Penyataan Tertinggi Allah, sekaligus yang mengerjakan Penciptaan alam semesta!
  • "Firman itu bersama-sama dengan Allah"

Ini menunjuk pada Keesaan Allah.
  • "Firman itu adalah Allah" Ini menunjuk kepada satu pribadi, yaitu Yesus Kristus, yaitu Firman yang telah menjadi manusia (Yoh.1:14).

Jadi penciptaan itu dikerjakan oleh Yesus Kristus, karena, YESUS = FIRMAN = ALLAH.
Itu sebabnya Firman Tuhan berkata: "Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan" (Yohanes 1:3) !

SEKARANG TENTANG "TUHAN"
  • Keluaran 3:14  Firman Allah kepada Musa: "AKU ADALAH AKU." Lagi firman-Nya: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu."
  • Yesaya 45:21  Beritahukanlah dan kemukakanlah alasanmu, ya, biarlah mereka berunding bersama-sama: Siapakah yang mengabarkan hal ini dari zaman purbakala, dan memberitahukannya dari sejak dahulu? Bukankah Aku, TUHAN? Tidak ada yang lain, tidak ada Allah selain dari pada-Ku! Allah yang adil dan Juruselamat, tidak ada yang lain kecuali Aku!
  • Hosea 13:4  Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.


Sangat jelas ayat di atas juga mempertegas kepada kita bahwa "TUHAN" adalah SEBUAH NAMA atau SEBUAH PRIBADI, dan bahwa tidak ada allah selain TUHAN!
Ini berbanding terbalik dengan antikristus yang berkata tidak ada Tuhan selain Allah. Hal itu terjadi karena mereka tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan! Mereka tidak mengenal siapa itu Allah, siapa itu Tuhan!

SIAPAKAH TUHAN ITU, ALKITAB MENJAWAB:
"Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, SEBAB MEMANG AKULAH GURU dan TUHAN. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, AKU YANG ADALAH TUHAN DAN GURUMU, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu" (Yohanes 13:13-14).

Yesus sendiri menjawab kepada kita bahwa TUHAN itu adl DIA SENDIRI (YESUS KRISTUS). Ini juga menjawab pertanyaan setiap orang ketika berdebat berkata: JIKA YESUS adalah TUHAN tunjukkan ayatnya kepada kami bahwa Yesus berkata Dia adalah Tuhan, jika ada ayatnya, maka saya akan jadi Kristen sekarang! Nah itu ayatnya sudah saya kasih kpd saudara! --soal jd Kristen atau tidak, itu urusan saudara!

  • Yesaya 43:11  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

Ini menunjuk kepada pribadi, yaitu Yesus.
"Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kisah Para Rasul 4:12).

  • Yesaya 44:6  Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Ini menunjuk kepada pribadi, yaitu Yesus
"Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir." (Wahyu 22:13).

Jadi, siapakah Allah saya? Yesus Kristus!
Siapakah Tuhan saya? Yesus Kristus!
Karena, baik "Tuhan" maupun "Allah" sama-sama menunjuk kepada satu pribadi, yaitu "Yesus Kristus." Itulah Keesaan Allah!
TUHAN sama dengan ALLAH sama dengan FIRMAN sama dengan YESUS KRISTUS!

Shalom Aleichem!
TUHAN YESUS MEMBERKATI!
RELATED TOPIC

RECOMENDATION FOR YOU

DO NOT MISS THIS

Post a Comment

banner