-->

Kristen Tukar Hidup

Yesus mati untuk tebus dosa
Filipi 1:21:  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Perlu waktu puluhan tahun bagi saya untuk menyadari kebenaran yang sangat sederhana ini, bahwa menjadi Kristen sama dengan menukar hidup kita dengan hidup Yesus sendiri. Pada hari pertobatan saya, saya rasakan damai sejahtera Kristus menggantikan kegalauan saya. Hari itu sukacita Kristus mengganti kesusahan hati saya. Kebenaran Kristus menggantikan dosa dan kesalahan-kesalahan saya. Akhirnya saya sadari sebenarnya hidupNya menggantikan hidup saya. Jadi, menjadi Kristen saja itu mujizat besar, karena hidup Kristus menggantikan hidup kita. Wow.


Jadi bagaimana prosesnya?
KRISTUS datang untuk mati bagi kita. Tidak hanya itu, Ia "mengajak" kita untuk mati bersama Dia. Iman kita menuntut kita untuk percaya bahwa kitapun harus dan sudah mati bersamaNya. Kita sudah tidak punya hak untuk hidup, karena telah mati bersama Kristus. Itulah orang Kristen.
Roma 6:8 "Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia."


Tapi kita diberi anugerah untuk hidup kembali. Bangkit bersama Kristus yang bangkit. Hidup kita yang kedua ini dituntut sama seperti Kristus, yaitu karakter, pola pikir, perasaan, cita-cita, ambisi dan tujuan hidup sama dengan Kristus. Itulah hidup Kristen.

Jika menjadi percaya itu kita samakan dengan transaksi bisnis, maka baptisan adalah bukti transaksi kita dengan Tuhan. Baptisan adalah tanda sukarela bahwa kita sudah percaya kepada Kristus. Melalui baptisan kita mati bagi diri (bagi dosa) dan bangkit kita hidup kembali oleh Kristus. Terjadi pertukaran hidup.


Maka kita harus ijinkan Kristus hidup melalui tubuh kita, kepribadian kita (yang dikuduskan dan terus disempurnakan) dalam lingkungan, pergumulan dan dunia kita sekarang. Hidup Kristus di dalam hidup kita beroperasi dan berkarya dengan dorongan kasih dan kekuatanNya melalui diri kita. Inilah hidup Kristen.

Dalam surat Filipi ini contohnya banyak banget. Ini 2 contoh dulu: 
  • Hanya perasaan merindukan jemaat saja, Paulus katakan, "... betapa aku dengan kasih mesra Kristus Yesus merindukan kamu sekalian." 1:8 (Lihat Saat teduh beberapa hari yang lalu). Apakah kita sudah menggantikan kasih manusiawi kita dengan kasih Kristus yang jauh lebih kuat dan lebih murni?
  • Pola pikir kita ditukar dengan pola pikir Kristus (mind of Christ). "... menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus," 2:5. Apakah kita hidup menggunakan pola pikir Kristus? Termasuk sikap dan perasaan kita (renungkan ayat 5 -8).


Hidup manusia lama kita TELAH DITUKAR dengan hidup baru Kristus di dalam dan melalui kita sekarang. Karena itu Paulus katakan: Bagiku hidup adalah Kristus. Hidup normal orang Kristen adalah Kristus hidup melalui dia. Jika tidak kelihatan Kristusnya maka ia Kristen yang tidak normal, Kristen yang sakit atau Kristen yang mati alias belum lahir baru.

Sudahkah hidup kita ditukar dengan hidup Kristus? Sudahkah Kristus dengan nyata kelihatan hidup pada diri kita? Jika ya, puji Tuhan Haleluyah. Jika belum sama sekali atau ragu-ragu, jangan-jangan Kristus belum tinggal di dalam hati saudara.

"Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu?" - 2 Korintus 13:5b.

Karena kedatangan Kristus sudah sangat dekat, pastikan bahwa saudara sudah memiliki Kristus tinggal di dalammu. Jika Kristus belum ada di dalam dirimu, mari saudara mendoakan doa ini bersama dengan saya:

"Tuhan Yesus, saya rindukan hidupMu nyata di dalam saya. Karena itu saya mau mengundangMu untuk masuk dan tinggal di dalam hidup saya. Saya percaya bahwa Engkau telah mati disalib untuk menghapus dosa-dosa saya. Terima kasih untuk pengampunanMu yang sempurna. Jadikan saya anakMu. Saya mengundang RohMu untuk tinggali hati saya. Mulai saat ini biarlah Engkau menyatakan diriMu untuk hidup di dalam hidupku. Terima kasih Tuhan. Dalam nama Yesus. Amin !"

Jika saudara sudah berdoa dan mengundang Kristus ke dalam diri saudara. Berdiamlah sejenak. Rasakan kasihNya kepada saudara. Bertekadlah untuk hidup sesuai dengan firman-Nya maka cepat atau lambat Kristus akan kelihatan nyata dalam hidupmu. Ini adalah mujizat hidup baru. Hidup saudara sudah ditukar dengan hidup Kristus. Baik hidup di penjara seperti Paulus atau hidup bebas dimanapun, baik sedang banyak masalah atau banyak berkat, kita memiliki peluang yang sama untuk menghidupkan Kristus melalui diri kita. Kita bersama dapat berkata, "Bagiku hidup adalah Kristus."


RELATED TOPIC

RECOMENDATION FOR YOU

DO NOT MISS THIS

Post a Comment

banner